KISI KISI SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
KELAS 2 KURIKULUM MERDEKA
MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
JENIS SEKOLAH : SEKOLAH DASAR
KURIKULUM : MERDEKA
KELAS/SEMESTER :
II (DUA) /GANJIL
ALOKASI WAKTU : 90 Menit
JUMLAH SOAL : 35
Soal
BENTUK SOAL : PG, Isian dan Essay
FASE/ KELAS |
MUATAN PELAJARAN |
ELEMEN DAN CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR
SOAL/STIMULUS |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
A/II |
PAI |
1.Akhlak Peserta didik dapat
memahami akhlak terhadap Allah SWT,dengan menyucikan dan memuji-Nya dan
akhlak terhadap diri sendiri 2.Al-Qur’an Hadits Peserta didik memahami huruf hijaiyah berharakat,huruf hijaiyah
bersambung,surah al-fatihah,beberapa surah pendek Al-Qur’an dan hadits
tentang kebersihan 3. Fikih Peserta didik memahami rukun islam,syahadatain,tata cara bersuci,salat
fardu,azan,ikamah,zikir,dan berdoa setelah shalat 4. Akidah Peserta didik memahami
rukun iman,iman kepada Allah SWT,beberapa asmaul husna dan iman kepada
malaikat 5.Al-Qur’an Hadits Peserta didik memahami huruf hijaiyah berharakat,huruf hijaiyah
bersambung,surah al-fatihah,beberapa surah pendek Al-Qur’an dan hadits
tentang kebersihan 6.Sejarah Peradaban Islam Peserta didik memahami kisah beberapa nabi dan rasul |
Melalui kegiatan membaca dan menulis,peserta didik dapat memahami
dan membiasakan diri berperilaku akhlak terpuji dengan baik dan benar Melalui kegiatan membaca dan menulis peserta didik dapat
mengetahui tempat keluarnya huruf dan urutannya dengan benar Melalui kegiatan membaca dan menulis peserta didik dapat mengetahui
arti dan waktu shalat dengan baik Melalui kegiatan membaca dan menulis, peserta didik mengenal makna asmaul husna: al-Hafiz, al-Wali, al-Alim dan al-Khabir Melalui kegiatan membaca dan menulis dan menghafal surah an-Naas,
peserta didik mampu membaca dan menulis serta mengetahui arti dari suran
an-Nas Melalui kegiatan membaca dan menulis peserta didik dapat memahami
dan meneladani kisah nabi Nuh,a.s |
Membiasakan berperilaku terpuji Huruf Hijaiyah Shalat adalah tiang agama Mengenal Allah SWT lebih dekat Q.S An-Nas Mengenal dan meneladani nabi Nuh,a.s |
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat memahami sikap kasih sayang terhadap sesama dengan
benar |
C2/L2 |
PG |
1 |
·
Disajikan
gambar peserta didik dapat mencerminkan perilaku terpuji terhadap sesama
dengan benar |
C2/L2 |
PG |
2 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat mengetahui akhlak terpuji terhadap diri sendiri
dengan benar |
C1/L1 |
PG |
5 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat mengetahui akhlak terpuji terhadap diri sendiri
dengan benar |
C1/L1 |
PG |
18 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat mengetahui cara menghormati orang yang lebih tua
dengan baik |
C1/L1 |
Isian |
6 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat menyebutkan tiga akhlak terpuji dalam kehidupan
sehari-hari dengan baik |
C2/L2 |
Essay |
1 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat menyebutkan tempat keluarnya huruf hijaiyah dengan
benar |
C2/L2 |
PG |
3 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui urutan huruf hijaiyah dengan benar |
C1/L1 |
PG |
4 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui huruf hijaiyah bersambung dengan baik
dan benar |
C1/L1 |
Isian |
1 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui huruf hijaiyah bersambung dengan baik
dan benar |
C1/L1 |
Essay |
2 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui jumlah rakaat shalat lima waktu dengan
baik dan benar |
C1/L1 |
PG |
6 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui jumlah rakaat shalat lima waktu dengan
baik dan benar |
C1/L1 |
PG |
7 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat mengetahui waktu azan dikumandangkan dengan baik |
C2/L2 |
PG |
8 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat menyebutkan arti shalat dengan benar |
C2/L2 |
PG |
9 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat mengetahui gerakan rukuk dan bacaannya dengan
benar |
C1/L1 |
PG |
10 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat menyebutkan niat shalat lima waktu dengan benar |
C2/L2 |
PG |
11 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat menyebutkan waktu shalat lima waktu dengan benar |
C2/L2 |
PG |
12 |
|||||
·
Disajikan
gambar, peserta didik dapat mengetahui gerakan dalam shalat lima waktu dengan
benar |
C1/L1 |
Isian |
4 |
|||||
·
Disajikan
gambar, peserta didik dapat mengetahui gerakan dalam shalat lima waktu dengan
benar |
C1/L1 |
Isian |
7 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat menyebutkan bacaan ikamah dengan benar |
C2/L2 |
Isian |
8 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat menuliskan lima macam shalat wajib dengan benar |
C2/L2 |
Essay |
4 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat mengetahui arti al-khabir dengan benar |
C1/L1 |
PG |
13 |
|||||
·
Disajikan
narasi, peserta didik dapat memahami cara meneladani asmaul husna dengan
benar |
C2/L2 |
PG |
14 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengamalkan asmaul husna al-Waliy dengan baik dan
benar |
C2/L2 |
PG |
17 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengartikan asmaul husna al-Hafiz dengan baik dan
benar |
C2/L2 |
Isian |
5 |
|||||
·
Disajikan
ayat,peserta didik dapat menyebutkan arti salah satu ayat surah an-Nas dengan
benar |
C2/L2 |
PG |
15 |
|||||
·
Disajikan
narasi soal,peserta didik dapat menyebutkan jumlah surah an-nas dengan benar |
C2/L2 |
PG |
16 |
|||||
·
Disajikan
narasi soal,peserta didik dapat menyebutkan golongan surah an-Nas dengan
benar |
C2/L2 |
Isian |
2 |
|||||
·
Disajikan
ayat soal,peserta didik dapat menyebutkan urutan ayat surah an-Nas dengan
benar |
C2/L2 |
Isian |
3 |
|||||
·
Disajikan
ayat soal,peserta didik dapat menyebutkan arti ayat keenam surah an-Nas
dengan benar |
C2/L2 |
Essay |
3 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat menyebutkan urutan nabi Nuh a.s dengan benar |
C2/L2 |
PG |
19 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat meneladani kisah nabi Nuh,a.s dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar |
C2/L2 |
PG |
20 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui gelar nabi Nuh,a. dengan benar |
C1/L1 |
Isian |
9 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat mengetahui urutan nabi Nuh,a.s dengan benar |
C1/L1 |
Isian |
10 |
|||||
·
Disajikan
narasi peserta didik dapat menyebutkan tiga nama nabi Nuh,a.s dengan benar |
C2/L2 |
Essay |
5 |
0 Komentar