MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 6A,E,F
KAMIS, 03 OKTOBER 2019
SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
Kompetensi Inti (KI)
KI – 1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI – 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI – 3 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
KI – 4 Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2 Meresapi anugerah Allah SWT atas terciptanya bahasa yang beragam
2.1
Memiliki kepedulian, rasa ingin tahu dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan menggunakan media bahasa Arab yang dimiliki
2.2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru dengan
menggunakan media bahasa Arab yang dikuasai
3.1 Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat sederhanaterkait topik:
أَعْمَالُنَا
فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ , كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ
سَاعَةُ , تَعَّلَمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Menemukan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik :
أَعْمَالُنَا
فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ , كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ
سَاعَةُ , تَعَّلَمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
a. Mampu melafalkan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
b. Mampu menerjemahkan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
c.
Mampu menyusun kalimat sederhana yang berhubungan
dengan أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ
وَفِي الْبَيْتِ
4.2 Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa,
dan kalimat kalimat sederhana terkait topik: أَعْمَالُنَا فِي
الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ , كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ
, تَعَّلَمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
a. Mampu mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ dengan benar
b. Mampu menyebutkan namanya dalam bahasa Arab dengan benar
c. Mampu menyebutkan asal daerahnya dalam bahasa Arab dengan benar
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
1. Melafalkan teks qira’ah tentang كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ dengan benar
2. Menerjemahkan teks qira’ah tentang كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ dengan benar
3.Menyusun kalimat sederhana yang berhubungan dengan كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ
4. Mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ dengan benar
5. Menyebutkan namanya dalam bahasa Arab dengan benar
6. Mampu menyebutkan asal daerahnya dalam bahasa Arab dengan benar
IV. Materi Pembelajaran
كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ
1. ثانية 5. الا
2. دقيقة 6. الربع
3. تماما 7. النصف
4. و
V. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Make match
VI. Sumber/ Media Pembelajaran
Buku paket, Kamus Bahasa Arab
VII. Proses Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan/Apersepsi
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.
Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa
Arab berupa ucapan basmalah : هَيَّابِنَا نَفْتَتِحُ
دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ البَسْمَلَةِ
3. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian ,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik
dan dikaitkan dengan tema كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ
Kegiatan inti
• Mengamati
- Peserta didik mengamati bacaan كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ dan menemukan kata-kata sulit dalam bacaaan
• Menanya
- Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang terkait dengan bacaan كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ
• Eksplorasi/eksperimen
• Peserta didik melalui belajar kelompok berlatih menjodohkan mufrodat dengan terjemahannya
• Mengasosiasi / Menalar
•
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang
berkaitan dengan كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ mufrodat dan
terjemahannya
• Mengkomunikasikan
• Peserta didik mampu
mendemonstrasikan dengan tanya jawab ( حوار ) dengan temannya
berkaitan dengan كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ dengan kalimat
sederhana.
Ulangan harian
1. Apa bahasa arab dari jam 7 kurang 15 ?
2. Apa bahasa arab dari jam 12 tepat ?
3. Apa bahasa arab dari jam 2 lebih 30 ?
4. Apa bahasa arab dari jam 2 lebih 15 menit 2 detik ?
5. Apa bahasa arab dari jam jam 11 kurang 30 menit 15 detik ?
0 Komentar