MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 6 D
JUMAT, 09 AGUSTUS 2019
SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
I. Kompetensi Inti (KI)
KI – 1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI – 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI – 3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI – 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2 Meresapi anugerah Allah SWT atas terciptanya bahasa yang beragam
2.1 Memiliki kepedulian, rasa ingin tahu dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan menggunakan media bahasa Arab yang dimiliki
2.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru dengan menggunakan media bahasa Arab yang dikuasai
3.1 Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat sederhanaterkait topik:
أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ , كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ , تَعَّلَمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Menemukan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik :
أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ , كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ , تَعَّلَمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
a. Mampu melafalkan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
b. Mampu menerjemahkan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
c. Mampu menyusun kalimat sederhana yang berhubungan dengan أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ
4.1 Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat kalimat sederhana terkait topik: أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ , كَمِ السَّاعَةُ فِي أَيِّ سَاعَةُ , تَعَّلَمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
a. Mampu mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
b. Mampu menyebutkan namanya dalam bahasa Arab dengan benar
c. Mampu menyebutkan asal daerahnya dalam bahasa Arab dengan benar
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
1. Melafalkan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
2. Menerjemahkan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
3. Menyusun kalimat sederhana yang berhubungan dengan ا أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ
4. Mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ dengan benar
5. Menyebutkan namanya dalam bahasa Arab dengan benar
6. Mampu menyebutkan asal daerahnya dalam bahasa Arab dengan benar
IV. Materi Pembelajaran
أَعْمَالُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ وَفِي الْبَيْتِ
Ciri – ciri fiil mudhori
1. Huruf ي untuk kata ganti هو
2. Huruf ت untuk kata ganti هي, انت, انت
3. Huruf ا untuk kata ganti انا
4. Huruf ن untuk kata ganti نحن
Langkah-langkah pembelajaran:
1) Siapkan kartu secara berpasangan (soal dan jawabnya) lalu diacak.
2) Bagikan kartu tersebut kepada semua siswa dan mintalah mereka memahami artinya.
3) Mintalah semua siswa untuk mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara.
4) Setelah menemukan pasangannya, mintalah siswa berkelompok dengan pasangannya masing-masing.
5) Mintalah masing-masing kelompok untuk menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan kelas.
6) Berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan.
7) Berikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
a. Penutup
1. Peserta didik menyimpulkan isi bacaan
2. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu untuk di hafal.
3. Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dipandu dalam Bahasa Arab :
هَيَابِنَا نَخْتَتِمُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ الْحَمْدَلَة
Contoh soal
1. Apa pengertian dari dhomir?
2. Apa saja huruf tambahan untuk fiil mudhari?
3. Apa huruf untuk kata ganti انا?
4. Apa huruf untuk kata ganti هي ?
5. Apa huruf untuk kata ganti انت ?
0 Komentar