Ad Code

Responsive Advertisement

MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 5 D,E,F SENIN, 26 Agustus 2019

MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 5 D,E,F SENIN, 26 Agustus 2019 SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG I. Kompetensi Inti (KI) KI – 1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya KI – 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. KI – 3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. KI – 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia II. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator 1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab 1.2 Meresapi anugerah Allah SWT atas terciptanya bahasa yang beragam 2.1 Memiliki kepedulian, rasa ingin tahu dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan menggunakan media bahasa Arab yang dimiliki 2.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru dengan menggunakan media bahasa Arab yang dikuasai 3.1 Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat sederhanaterkait topik: في الحديقة baik secara lisan maupun tertulis 3.2 Menemukan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik : Dengan benarفي الحديقةa. Mampu melafalkan teks qira’ah tentang في الحديقة b.Mampu menerjemahkan teks qira’ah tentang في الحديقة. Mampu menyusun kalimat sederhana yang berhubungan dengan 4.2 Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat kalimat sederhana terkait topik: في الحديقة ) الاشرة للمفرد + الاسم + الصفات ( في الحديقة a.Mampu mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang b. Mampu menyebutkan namanya dalam bahasa Arab dengan benar c.Mampu menyebutkan asal daerahnya dalam bahasa Arab dengan benar III. Tujuan Pembelajaran Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu : 1. Melafalkan teks qira’ah tentang dengan benar 2. Menerjemahkan teks qira’ah tentang dengan benar 3. Menyusun kalimat sederhana yang berhubungan dengan 4. Mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang 5. Menyebutkan namanya dalam bahasa Arab dengan benar 6. Mampu menyebutkan asal daerahnya dalam bahasa Arab dengan benar III. Materi Pembelajaran Kata sifat adalah kata yang memberi sifat kepada kata sebelumnya Kata sifat harus sesuai dengan kata sebelumnya dalam hal mudzakar dan muannas Contoh kata mudzakar dan muannas seperti dibawah ini ا 1. حديقة 6. شجرة 2. شجرة الوردة 7. شجرة الياسمين 3. شجرة الموز 8. شجرة البرتقال 4. بركة 9. سمك 5. نافورة 10. سور الحديقة Kegiatan inti • Mengamati في الحديقة Peserta didik mengamati bacaan • Menanya Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang terkait dengan bacaan في الحديقة • Eksplorasi/eksperimen Peserta didik melalui belajar kelompok berlatih menjodohkan mufrodat dengan terjemahannya • Mengasosiasi / Menalar Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan mufrodat dan terjemahannya في الحديقة • Mengkomunikasikan Peserta didik mampu mendemonstrasikan dengan tanya jawab ( حوار ) dengan temannya berkaitan dengan في الحديقة dengan kalimat sederhana Penutup • Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran • Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran • Guru mengadakan tes tulis/lisan • Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi atau penanaman sikap, baik spiritual maupun sosial • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya • Guru mengajak berdoa dan diakhiri dengan salam Latihan 1. Siswa siswi membedakan kosa kata mudzakar dan muannas. 2. Siswa mengelompokkan kosa kata mudzakar dan muannas. 3. Siswa diminta untuk menelaskan kata sifat mudzakar dan muannas.

Posting Komentar

0 Komentar