materi ajar agama kelas 6 Selasa 18 November 2025
Assalamualaikum warahmatullahhiwabarakaatuh
bagaimana kabarnya semua anak shalih shalihah,semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat
berikut Materi Ajar kita pada hari ini: Indahnya Maaf-Memaafkan
Hari /tgl : Selasa 18 November 2025
Kelas : 6 B
Materi Ajar: Keteladanan Khulafaur Rasyidin Abu Bakar ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian Khulafaur Rasyidin dan menyebutkan nama-namanya.
2. Menguraikan kisah perjuangan dan kepemimpinan Abu Bakar ash-Shiddiq dan Umar
bin Khattab.
3. Meneladani sikap-sikap mulia Abu Bakar dan Umar dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menunjukkan perilaku jujur, amanah, adil, dan peduli terhadap sesama sebagai
wujud meneladani Khulafaur Rasyidin.
B. Capaian
Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami dan meneladani perilaku para sahabat Nabi Muhammad
saw., khususnya Khulafaur Rasyidin, serta menampilkan akhlak terpuji dalam
kehidupan sehari-hari sebagai bentuk implementasi keimanan dan ketakwaan kepada
Allah Swt.
C. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
Khulafaur Rasyidin
Khulafaur Rasyidin berarti para khalifah yang mendapat petunjuk. Mereka adalah
empat sahabat Nabi yang menggantikan beliau dalam memimpin umat Islam setelah
wafatnya Rasulullah saw.
Nama-nama Khulafaur Rasyidin:
1) Abu Bakar ash-Shiddiq (632–634 M)
2) Umar bin Khattab (634–644 M)
3) Utsman bin Affan (644–656 M)
4) Ali bin Abi Thalib (656–661 M)
2. Abu Bakar
ash-Shiddiq (r.a.)
a. Riwayat Singkat
Nama lengkap: Abdullah bin Abi Quhafah at-Taimi
Gelar: ash-Shiddiq (yang membenarkan)
Lahir di Makkah tahun 573 M
Menjadi khalifah pertama setelah wafatnya Nabi Muhammad saw.
b. Kepemimpinan Abu Bakar
- Menyatukan umat Islam setelah Nabi wafat.
- Memerangi kaum yang murtad dan menolak zakat (Perang Riddah).
- Memerintahkan pengumpulan mushaf Al-Qur’an agar tidak hilang.
c. Sifat Teladan Abu Bakar
1) Jujur dan terpercaya (ash-Shiddiq)
2) Dermawan, banyak menginfakkan hartanya untuk dakwah.
3) Teguh dalam iman, membela kebenaran tanpa ragu.
4) Sederhana dan rendah hati meskipun menjadi pemimpin tertinggi.
d. Pelajaran yang dapat diambil
- Selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan.
- Siap menolong teman dan menegakkan kebenaran.
- Menjalankan tanggung jawab dengan amanah.
3. Umar bin
Khattab (r.a.)
a. Riwayat Singkat
Nama lengkap: Umar bin Khattab al-Faruq
Gelar: al-Faruq (pembeda antara yang benar dan salah)
Lahir di Makkah tahun 584 M
Menjadi khalifah kedua setelah Abu Bakar wafat.
b. Kepemimpinan Umar bin Khattab
- Memperluas wilayah Islam ke Persia, Mesir, dan Syam.
- Membentuk sistem pemerintahan dan administrasi negara.
- Menetapkan kalender Hijriyah.
- Membangun kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial.
c. Sifat Teladan Umar bin Khattab
1) Adil dalam memimpin, tidak membeda-bedakan rakyat.
2) Berani membela kebenaran.
3) Tegas, tetapi penyayang terhadap rakyat kecil.
4) Sederhana dan zuhud, tidak hidup bermewah-mewahan.
d. Pelajaran yang dapat diambil
- Berlaku adil terhadap siapa pun.
- Mengutamakan kepentingan umat di atas kepentingan pribadi.
- Disiplin dan tegas dalam kebaikan.
Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Bentuk: Pilihan ganda / uraian singkat
Contoh:
- Siapakah khalifah yang pertama kali mengumpulkan Al-Qur’an?
- Sebutkan dua sifat teladan dari Umar bin Khattab!
2. Penilaian Keterampilan
Bentuk: Presentasi atau poster
Kriteria: Ketepatan isi, kreativitas, dan kesesuaian nilai teladan.
3. Penilaian Sikap
Observasi sikap kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama selama pembelajaran.
Refleksi Guru
Peserta didik mampu mengenal sejarah dan keteladanan Khulafaur Rasyidin,
terutama Abu Bakar dan Umar, serta berupaya meneladani nilai-nilai kejujuran,
amanah, keberanian, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar
Posting Komentar