materi ajar agama kelas 6 Selasa 18 November 2025

   Assalamualaikum warahmatullahhiwabarakaatuh 

bagaimana kabarnya semua anak shalih shalihah,semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat 

berikut Materi Ajar kita pada hari ini: Indahnya Maaf-Memaafkan

Hari /tgl : Selasa 18 November 2025

Kelas : 6 B

Materi Ajar: Keteladanan Khulafaur Rasyidin Abu Bakar ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab



A.     Tujuan Pembelajaran


Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian Khulafaur Rasyidin dan menyebutkan nama-namanya.
2. Menguraikan kisah perjuangan dan kepemimpinan Abu Bakar ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab.
3. Meneladani sikap-sikap mulia Abu Bakar dan Umar dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menunjukkan perilaku jujur, amanah, adil, dan peduli terhadap sesama sebagai wujud meneladani Khulafaur Rasyidin.

B.      Capaian Pembelajaran (CP)


Peserta didik mampu memahami dan meneladani perilaku para sahabat Nabi Muhammad saw., khususnya Khulafaur Rasyidin, serta menampilkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk implementasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

C. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Khulafaur Rasyidin


Khulafaur Rasyidin berarti para khalifah yang mendapat petunjuk. Mereka adalah empat sahabat Nabi yang menggantikan beliau dalam memimpin umat Islam setelah wafatnya Rasulullah saw.
Nama-nama Khulafaur Rasyidin:
1) Abu Bakar ash-Shiddiq (632–634 M)
2) Umar bin Khattab (634–644 M)
3) Utsman bin Affan (644–656 M)
4) Ali bin Abi Thalib (656–661 M)

2. Abu Bakar ash-Shiddiq (r.a.)


a. Riwayat Singkat
Nama lengkap: Abdullah bin Abi Quhafah at-Taimi
Gelar: ash-Shiddiq (yang membenarkan)
Lahir di Makkah tahun 573 M
Menjadi khalifah pertama setelah wafatnya Nabi Muhammad saw.

b. Kepemimpinan Abu Bakar
- Menyatukan umat Islam setelah Nabi wafat.
- Memerangi kaum yang murtad dan menolak zakat (Perang Riddah).
- Memerintahkan pengumpulan mushaf Al-Qur’an agar tidak hilang.

c. Sifat Teladan Abu Bakar
1) Jujur dan terpercaya (ash-Shiddiq)
2) Dermawan, banyak menginfakkan hartanya untuk dakwah.
3) Teguh dalam iman, membela kebenaran tanpa ragu.
4) Sederhana dan rendah hati meskipun menjadi pemimpin tertinggi.

d. Pelajaran yang dapat diambil
- Selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan.
- Siap menolong teman dan menegakkan kebenaran.
- Menjalankan tanggung jawab dengan amanah.

3. Umar bin Khattab (r.a.)


a. Riwayat Singkat
Nama lengkap: Umar bin Khattab al-Faruq
Gelar: al-Faruq (pembeda antara yang benar dan salah)
Lahir di Makkah tahun 584 M
Menjadi khalifah kedua setelah Abu Bakar wafat.

b. Kepemimpinan Umar bin Khattab
- Memperluas wilayah Islam ke Persia, Mesir, dan Syam.
- Membentuk sistem pemerintahan dan administrasi negara.
- Menetapkan kalender Hijriyah.
- Membangun kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial.

c. Sifat Teladan Umar bin Khattab
1) Adil dalam memimpin, tidak membeda-bedakan rakyat.
2) Berani membela kebenaran.
3) Tegas, tetapi penyayang terhadap rakyat kecil.
4) Sederhana dan zuhud, tidak hidup bermewah-mewahan.

d. Pelajaran yang dapat diambil
- Berlaku adil terhadap siapa pun.
- Mengutamakan kepentingan umat di atas kepentingan pribadi.
- Disiplin dan tegas dalam kebaikan.

Penilaian


1. Penilaian Pengetahuan
Bentuk: Pilihan ganda / uraian singkat
Contoh:
- Siapakah khalifah yang pertama kali mengumpulkan Al-Qur’an?
- Sebutkan dua sifat teladan dari Umar bin Khattab!

2. Penilaian Keterampilan
Bentuk: Presentasi atau poster
Kriteria: Ketepatan isi, kreativitas, dan kesesuaian nilai teladan.

3. Penilaian Sikap
Observasi sikap kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama selama pembelajaran.

Refleksi Guru


Peserta didik mampu mengenal sejarah dan keteladanan Khulafaur Rasyidin, terutama Abu Bakar dan Umar, serta berupaya meneladani nilai-nilai kejujuran, amanah, keberanian, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI SOAL STS PAI KELAS 6 SENIN 13 OKTOBER 2025

kisi kisi SUMATIF AKHIR SEMESTER kelas 2 semester 1

materi ajar agama kelas 6 selasa 26 November 2024